Tawangmangu kembali memakan korban

Posted: 31 Mei 2011 in COPS (Community of Pulsar Solo)

COPS. Minggu, 29 Mei 2011.

Menjelang sore yang cerah, sudah menjadi kebiasaan untuk menikmati berkendara dan udara sejuk di sekitar gunung Lawu, tepatnya menuju Cemoro Sewu melewati Tawangmangu, atau kita sering menyingkatnya jadi TW. Langit yang biru bersemburat warna merah matahari menjelang sore, udara yang sejuk mengiringi tawa ceria COPS kala itu.
Ada 10 Pulsar dan 2 Byson dengan beberapa boncenger bersama menikmati menu nasi goreng, dan beberapa variasi minuman panas.

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 19:00
Mengingat banyak aktifitas yang akan dilakukan keesokan harinya, COPS berpamitan pada pak Amat selaku pemilik warung dan tidak lupa membereskan segala macam administrasinya😀
Riding di gelapnya malam menembus hawa dingin yang menyusup disela-sela jaket touring dengan kecepatan 30 – 40 kpj menuruni etape pertama Cemoro Sewu sampai dengan pasar Tawangmangu. Di trek ini meski berliku-liku dan lumayan lebar tidak ada satupun rider yang membetot gas terlalu dalam. Ini adalah etape pemanasan….

Selepas pasar Tawangmangu, para rider penggila tikungan mulai ambil ancang-ancang memompa andrenalin, satu per satu mereka melalui saya sebagai RC……
Paket pertama yang terdiri dari 5 tikungan ke kanan dan 5 tikungan ke kiri dengan satu chicane berhasil dilewati dengan lancar. Kenapa disebut paket? Karena tikungan di dalam satu paket ini saling berkesinambungan dan mempunyai feeling yang berbeda dengan paket tikungan selanjutnya.

Menuju paket kedua yang terdiri dari 10 tikungan ke kanan dan 10 tikungan ke kiri setelah melewati satu chicane kecil, rombongan pembawa ibu-ibu PKK (baca : boncenger) mulai tertinggal cukup jauh di belakang.
Dari kesemua tikungan di dalam paket tersebut 60%-nya adalah tikungan semi parabolic.
Paket kedua ini diakhiri dengan trek lurus dan menurun sepanjang 4 km yang akan membuat kecepatan Beat berasa Ninja di trek datar.

Diujung trek lurus tersebut para rider disuguhi satu tikungan cepat (20derajat) ke kanan disusul 45 derajat ke kiri.
Mas Zuli dari Freeloo (Solo Rider Independent) yang pada saat itu mengendarai Byson milik mas Agung berspesifikasi extrem, ban Battlax soft compund depan belakang, rem cakram Brembo 6 piston di depan, dan mesin XXX,  mengambil sisi kanan di tikungan kanan 20 derajat berusaha mendahului mas Wahyu dengan Pulsar Biru-nya, cara mendahului yang ideal dengan mengambil sisi dalam.
Akan memasuki tikungan 45 derajat ke kiri, tentu saja mas Yuli masih berada di sisi kanan luar seputaran garis putih, mendadak dari arah berlawanan muncul mobil tidak berdosa, yang membuat mas Yuli kaget dan sontak menekan rem depan hingga buritan motor tidak stabil terlempar ke kiri kemudian ke kanan, melemparkan mas Yuli ke aspal dengan bahu kanan dan kepala bagian kanan terlebih dahulu terhempas. Sementara mobil dari arah berlawanan masih punya kesempatan untuk menghindari jatuhnya mas Yuli dan terus berlalu tapi tetap membuat bro Damar dan Adhi COPS harus mengejar dan memastikannya.

Masih ada kejadian yang samar dan terjadi sangat cepat, pada saat itu Pulsar mas Wahyu yang berada tepat dibelakang Byson pada ujung pengereman sempat menyenggol tangki Byson yang seharusnya roboh ke kiri menjadi roboh ke kanan menimpa bagian depan helm mas Yuli, memecahkan kaca dan moncong helm berikut kacamata mas Yuli, karena memantul di ban depan mas Wahyu, tetapi mas Wahyu tidak terjatuh.

Semua rekan barisan depan segera mengamankan TKP dan korban sambil menanti rombongan dengan boncenger yang tertinggal.
Mas Yuli yang tidak sadarkan diri segera dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Karanganyar dengan pickup yang dengan sukarela diculik diiringi beberapa motor pengawalan ke rumah sakit yang berjarak kira-kira 20 km dari tempat kejadian, jarak yang terasa sangat jauh meski jalanan relatif sepi dengan mas Yuli yang masih tak sadarkan diri dan perasaan yang was-was yang tak menentu.

Sementara di rombongan belakang, motor mas Yuli yang masih bisa jalan dinaiki mas Wahyu, dan Pulsar mas Wahyu dinaiki sist Sania….

Mas Yuli segera mendapatkan pertolongan pertama di IGD, (apakah pertolongan pertama di rumah sakit itu selalu infus ya?)
Karena peralatan dan fasilitas di RS PKU kurang memadai untuk menangani mas Yuli yang diduga mengalami gegar otak, dokter jaga RS PKU segera merujuk mas Yuli dan teman-teman menunjuk RS Dr. Oen Solo sebagai tempat rujukan. Tidak menunggu lama ambulance dengan mesin dari KIA Pregio segera meluncur ke kota Solo. Kali ini ambulance dibiarkan tanpa pengawalan, karena dia sudah punya semua otoritas untuk menggunakan jalan semaunya.

get well soon mas Yuli…

Di IGD RS Dr. Oen Solo, dalam waktu yang cepat dilakukan CT Scan yang memberikan hasil menyedihkan.
Terjadi pendarahan di otak, yang meski dokter bilang hanya sedikit untuk menghibur namun itu yang membuat mas Yuli masih tak sadarkan diri, bahkan hingga saat ini, Selasa, 31 Mei 2011 pukul 02 pagi… di ICU
Selain itu hasil scan juga menunjukkan patah tulang selangka bagian kanan.

Tidak ada yang salah di kejadian ini semua dilakukan dengan kesadaran diri akan resikonya, meski begitu masing-masing pribadi dapat memetik hikmah dari kejadian ini.

COPS merasa bersalah dan menyesal…
Kami berdoa agar Tuhan memberikan keajaiban…..

Komentar
  1. danang pulsarian jogja mengatakan:

    mudah2 cepat diberi kesembuhan my brother dan jadi pelajaran buat saudara kita yang lain dg safety riding di aspal jalanan.

  2. imamkhafats mengatakan:

    waduuuuuuuuh ko bisa begitu to, wes rasah ngebut2 neh…wkwkwkkkkkk

  3. krisadyani mengatakan:

    waduw….. sedih kang membacanya…belum begitu kenal sama mas yuli…tapi sedih tersa begitu mendalam….

  4. adecahyapurnama mengatakan:

    Turut sedih..
    semoga beliau bisa segera sembuh..

    Tikungan lagi, jadi inget kejadian 1 km sebelum ketapang pas mau ke Bali bareng Damar deh..
    T_T

  5. Suud P2C mengatakan:

    atas nama pribadi & P2C, turut prihatin dg kejadian ini, semoga saudara kita bro Yuli diberi ketabahan & kesabaran.. semoga lekas sembuh… Amin.

  6. daryana mengatakan:

    Semoga cepet sembuh..ikut berdoa dari bogor area.

  7. aki mengatakan:

    turut berduka atas kejadian ini…
    mdh2an lekas diberi kesembuhan
    izin copas y masbro buat d trit xcd

  8. arya pradana mengatakan:

    cepet sembuh ya Mas Yuli😦

  9. agsstwn mengatakan:

    Turut prihatin, saya mendegar kabar dari mas Danang…
    Semoga lekas pulih mas Yuli…

  10. Agus DC #636# mengatakan:

    Semoga bro Yuli segera sembuh seperti sedia kala dan kembali beraktifitas seperti sebelumnya, untuk rekan2 yang lain…semoga bisa memetik hikmah atas semua accident yang seperti Bro Yuli alami, tidak hanya beliau…tetapi beberapa kejadian yang terjadi..untuk bisa memberikan kita pelajaran yg amat berharga…
    ALWAYS SAFETY RIDING AND WHERE ONLY……….

  11. Saudara Keenam P1CS mengatakan:

    Informasi yang sangat berguna untuk kami, yang baru mengenal aspal dan komunitas roda dua. Sebagai pribadi dari anggota Pulsar 135 Community Surabaya (P1CS), mengucapkan semoga bro Yuli diberikan kesehatan kembali dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Btw, satu pertanyaan kami, helm apa yang digunakan bro Yuli saat itu, full face atau half face? Sekilas tampaknya full face. Andai half face, kejadian fatal apa yg dapat dialami bro Yuli?

  12. jansen mengatakan:

    turut berduka yah….semoga lekas sembuh

  13. pulsariders-001 mengatakan:

    Atas nama Keluarga Besar SPC – Subang Pulsar Club turut prihatin atas kejadian ini. Semoga cepet sembuh dan pulih seperti sediakala mas Yuli….

  14. YZX mengatakan:

    untuk Bro yuli semoga Lekas sembuh, untuk para rider diluarsana.. keep safety riding

  15. boyank mengatakan:

    ya allah….sembuhkan brad yuli..semoga tidak terjadi apa2…semangat ya brad untuk sembuh..biar nanti bisa main k subang….kita semua sangat prihatin….

  16. setia1heri mengatakan:

    i am sorry to hear that..
    smoga cepat sembuh dan Tuhan benar2 menunjukkan kuasanya

    Amiin.
    keep safety dan praying brader !

  17. gulem ellingrat mengatakan:

    untuk Bro yuli semoga Lekas sembuh, untuk para rider diluarsana.. keep safety riding.dr.gulem BBC di bali.

  18. Temmy Reddevil mengatakan:

    Turut simpati dan berdoa smoga bro yuli bisa cepat pulih seperti sedia kala…..

  19. Hariz R#061 Pulsarian/Detasemen mengatakan:

    Semoga 4JJI kasi kesembuhan buat Mas Brow Yuli…dan bisa berkumpul kembali dgn keluarga dan kawan kawan…Amien YRA

  20. agus salim Panser 776 mengatakan:

    Dear Bro Mas Yuli, mudah2an diberikan Keajaiban oleh Allah, diberikan Kesehatan yang cepat dan diberikan kekuatan agar Mas Yuli dapat beraktifitas kembali.

  21. hadiyanta mengatakan:

    semoga cepat diberi kesembuhan, saya sekali turun dari CemoroSewu saat siang hari tapi kondisi hujan dan berkabur, saya memboncengkan istri saya, pakai Pulsar Ug4 yang setang jepit, dan ada box dibelakang, jujur saya miris dan hati-hati sekali, karena sekali ndlosor pasti tidak bisa menguasai pulsar saya yang beratnya minta ampun.

    mari utamakan riding dengan hati-hati.

  22. diposedicigp8 mengatakan:

    cepet sembuh yo kang🙂

  23. angga pulsar mengatakan:

    mengucapkan turutbersedih,,,dan mohon diberikan kesabaran untuk keluarga dan kawan ,,,

  24. jahe mengatakan:

    semoga masa kritis segera terlewati

  25. surya_bbc 040 mengatakan:

    Turut bersedih, semoga tuhan memberikan keajaibanNya untuk kesembuhan Bro Mas Yuli
    Semoga kita bisa lebih hati2 dalam berkendara.

  26. funkademics mengatakan:

    duh..semoga cepet sembuh

  27. mas koko mengatakan:

    turut berdoa, semoga segera diberi kesembuhan, pulih seperti sedia kala.

  28. Nogi BOC#001# mengatakan:

    Tuhan akan menunjukan kuasanya selama kita percaya Tuhan mempunyai kuasa.
    Lekas sembuh Brother itu harapan kami semua…..
    Tapi percaya Tuhan mempunyai rancangan yang indah dibalik duka ini…
    Doa kami tuk bro yuli dan keluarga…1x lagi lekas sembuh bro yuli.

  29. isaac yulianto mengatakan:

    semoga cepet sembuh….

  30. agungsevi mengatakan:

    cepet sembuh bro…. jangan mudah terbuat kecepatan motor bro semua..

  31. mr boo mengatakan:

    marai wedi..wae..mulai saiki alon2 weh..:(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s