Persneling Pulsar susah??

Posted: 7 Juni 2011 in Pak No Motor (papa rock n roll)

Berkali-kali bengkel pak No Motor yang digawangi mas Danung sebagai mekaniknya didatangi konsumen dengan keluhan persneling yang keras dan susah netral.

Harus kena gigi, gak kena gigi namanya matic....

Sebelum menghakimi persneling Pulsar all variant itu keras, susah netral dan sebagainya, ada baiknya kita mengenal dulu bagaimana sistem pemindah daya satu ini.
Di motor batangan yang lain, jika kita pada posisi berhenti kita tarik kopling dan ungkit tuas persneling ke posisi netral misalnya, yang terdengar adalah suara klik halus dan posisi gear netral dengan mudahnya.
Beda dengan Pulsar, meski kita sudah menarik kopling sampai mentoq juga yang terdengar suara klakkk!! itu pun harus dengan sedikit paksaan dan perkosaan tuas persneling.

Di Pulsar, rangkaian gear rasio digerakkan oleh sebuah mekanisme botol beralur. Botol tersebut berputar mengatur posisi gear seiring dengan ungkitan dari tuas persneling di kaki. Di katalog Pulsar botol ini bernama resmi Drum comp. Gear Shift dengan kode DK 1013 82 untuk motor keluaran 15 April 2009 sampai sekarang, sedang sebelumnya DK 1011 57.
Tidak usah bingung, kok part number-nya beda antara produksi tahun 2008 dan 2009??
Bajaj memang sering melakukan perbaikan tanpa persetujuan dari konsumen, itu baru satu… masih banyak perbaikan yang lain…

”]

Mekanisme gear rasio dan pemindahnya....

Meski gambar di atas bukan punya Pulsar, tapi paling tidak bisa memberi pencerahan tentang gear rasio.

Komponen kedua yang akan dibahas disini, dan yang sering menjadi biang keladi masalahnya adalah tuas pengungkitnya. Di dalam katalog, tuas ini bernama Lever Comp. Gear Shifter dengan part number DH 1017 05.
Akibat sering dibejek dengan paksa untuk memposisikan persneling, ujung tuas pengungkit yang berbentuk dua pengait dalam setengah lingkaran ini akan mengalami keausan. Akibat semakin parahnya keausan dari pengait ini, gear persneling akan semakin susah diposisikan bukan hanya pada saat berhenti, saat motor jalan, dibejek atau dicongkel sekuat apapun gear persneling akan susah masuk. Hal ini dikarenakan mekanisme pengait yang aus tadi sudah tidak mampu menarik dan memutar botol pemindah yang berujung seperti bintang.

Ini dia tuas persnelingnya.......

Bagian yang dilingkari adalah bagian yang aus.....

Solusinya…..
adalah beli tuas persneling baru, karena itu disertakan juga part numbernya untuk ditanyakan harga dan ketersediaanya di dealer setempat.
Di pak No Motor, hal seperti ini masih bisa diakali.
Caranya adalah dengan menotolkan sedikit las listrik di ujung pengait yang aus tersebut, dan membentuk pengait layaknya sebelum aus dengan menggunakan bor tuner. Wkwkwkwkwk….. bukan cuman port inlet dan outlet saja yang di PnP….
Hal yang perlu diperhatikan dalam membentuk kembali kait tersebut adalah, bentuknya harus sama seperti aslinya, kekurangan dan kelebihan dalam membentuk tidak akan merubah kondisi peng-oper-an gigi menjadi lebih baik.

Pencegahan….
Jika motor sampeyan baru, tentu saja hal seperti di atas bisa dicegah, berikut ini pak No Motor memberikan sedikit tips dan trik.

  1. Oper persneling dengan halus tanpa disertai bunyi klekkk…. atau bahkan klaaakkk…. dengan cara menyesuaikan timing putaran mesin, tarikan kopling dan ungkitan tuas persneling.
  2. Untuk mempermudah posisi netral pada saat berhenti. Iringi pengereman dengan pengurangan gigi persneling dari 5, 4, 3, 2, 1 hingga pada beberapa saat sebelum STOP, persneling sudah diungkit ke posisi netral. Lakukan pengurangan secara bertahap dan sekali lagi “jangan ada bunyi klaaakkkk diantara kita”. Sesuaikan pengurangan persneling dengan putaran mesin.
  3. Jika posisi mesin menyala, motor berhenti, dan posisi persneling masuk, jangan memaksakan persneling untuk netral jika memang keras. Tahan rem depan, dan lepaskan sedikit tuas kopling sambil ungkit tuas persneling dengan tenaga ringan. Jika posisi gear rasio di dalam mesin sudah pas, dengan trik diatas, meski dengan tenaga ringan posisi persneling akan netral dengan sangat mudahnya.
  4. Trik terakhir. Selalu diingat bahwa “jangan pernah ada bunyi klaaakkkk sehalus apapun diantara kita”. Hari gini masih oper persneling kasar??? kelaut aja mas…….

Sekian trips [tips dan trik] segar dari ….. pak No Motor, Pelopor bengkel Open Source.

Komentar
  1. best_quality mengatakan:

    pelopor bengkel open source??wkwkwkwk

    salam
    (reza-p135)

    ntar kopdar yaakk???

  2. funkademics mengatakan:

    wkwkwkwkw polopor bengkel open source wkwkwkw

  3. SU 120 TO mengatakan:

    mantab Pak No Motor, dah berbagi info dan arahan,

  4. hadiyanta mengatakan:

    harus pake feeling

  5. kafebiker mengatakan:

    Trik di atas sudah dipraktekkan,… cuman, memang dari yang kita usahakan keberhasilannya msh jauh dr 100%, kalo perkiraan gw sih cuma 50-60% saja. Artinya, msh cukup sering juga kejadian, udah telanjur mandeg, dan gigi blm Nol. Kalo udah gitu,.. pegel dechh…. πŸ™‚

  6. budi barata mengatakan:

    kasusnya emang begitu, tepat seperti penggambaran diatas, namuan akhirnya saya bisa ngakalin “si susah netral” agar bisa netral… dan pendapat no.2 dan no.3 itu yang saya gunakan ^_^

  7. kang_ulid mengatakan:

    nais ingpoh… kalo di xcd apa sama mekanismenya kang??? kan sama2 susah tuh nurunin persnelingnya…

    nitip ketoprak lagi… he he he
    http://jheren.wordpress.com/2011/06/07/refleksi-10-000-hits/

  8. kentadis mengatakan:

    halah, plusarku wes bola bali neng gone mas danung goro2 ngene iki

  9. Aris Power Aceh mengatakan:

    mohon ijin share artikelnya mas bro

  10. Dave Adja Yahh mengatakan:

    kOk pulsar135 saya malah terbalik yah gampang ngt cari netralx,…..cuma btuh sentuhan cuy dah dpt netralx,…kekurangannya pas lgi jalan gigi 2 trus kena sentuh dkt,…netral dia hehehe,…tapi setelah konsultasi dgn tmn bisa saya normalkan dgn cara kopling di setel agak deket!! sip,..gampang cari netral,…tapi gak gampang netral kl lg jln

  11. agungsevi mengatakan:

    ya i mas.. punya ku podo ae…. tapi g po po… g ada yang sempurna.. salam kenal mas bro…

  12. rocxdj mengatakan:

    atosss tenan…dereng genep setahun kletak kletuk terussss sampe karet jejekan perseneling mleyohhh….

  13. azizyhoree mengatakan:

    spring lemah & gear bintang rada aus juga menyumbang blethak nya shifting gear … πŸ™‚

    btw coba tebak gbr no 1 montor opo mas? :mrgreen:

  14. al gabrul mengatakan:

    Numpang baca mas n nderek kenalan

  15. satria mengatakan:

    trimakasih atas sarannya, berguna banget buat saya yang baru beli pulsar wloupun second, karena pulsar saya masalahnya juga susah netral..

  16. vespa90 mengatakan:

    salam kenal gan dari sul-sel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s