Oli Galau – Galau pake Oli

Posted: 22 November 2011 in Pak No Motor (papa rock n roll)
Tag:, , , ,

Fungsi oli adalah sebagai pelumas bagian mesin yang bergerak, selain itu juga harus bisa membersihkan, menghambat korosi dan mendinginkan mesin dengan meratakan panas dari bagian mesin yang bergerak ke bagian lain yang lebih dingin.
Sungguh berat yach kerja oli ini….pembokat aja kalah…
Sebagian besar pemilik kendaraan udah tau teori ini, makanya mereka gak tanggung-tanggung dalam memilih pembokat…eh….oli….
dan……biasanya….yang mahal itu yang bagus….benarkah begitu??

Kasusnya begini….
Someday, somehow…Pak No Motor kedatangan pengguna Pulsar 200 yang baru sekali datang ke bengkel pak No Motor dengan muka mecucu (emang mukanya gitu). Doi mengeluhkan bunyi-bunyian yang berasal dari dalam mesin, dan saat head dan silinder dibuka, ternyata pistonnya baret… gkgkgkgkgk #ketawa-galau
Dengan nada sedikit protes pak XXX complain ke Pak No Motor…
“Kenapa bisa baret mas?? Padahal saya rajin servis satu bulan sekali termasuk ganti oli, dan olinya juga oli mahal merk XXX yang seliternya Rp. 68.500,-“
“Sehari saya jalan paling 100km…..”
Oke deh pak….kita selidiki dulu yach…..
Mulai dari karbu, pilot jet dan main jet standar……CHECK!
Bahan bakar….PREMIUM….hmmm….cari irit nih….it’s OK….CHECK!
Snalpot….STANDAR….CHECK!
Pajak STNK……MATI…..yaaaa…ini diaa…. (bukan dink)
Coba Oli ditap dulu…….currr……satu gelas doank??? ………..FAIL!!

Liat tuh olinya....😀

Ini dia masalahnya pak…ternyata oli mesin sampeyan habis, coba kita cek apakah ada yang rembes dari mesin…..tik..tok…tik…tok…all clear….gak ada yang rembes…
Kemanakah olinyaaaa????
Sebelumnya apakah dari snalpot keluar asep pak??………….. “nggak mas”
Udah pernah bongkar mesin pak??……………..”blom mas”
Liat warna busi dech…..sedikit PUTIH……berarti ga ada oli yang naik ke ruang bakar…
Gantian ah…kita pasang muka mecucu…. “sampeyan isi oli berapa liter pak?? Kok bisa sampe abis gini?? Iyaaa….gaya pake oli mahal, tapi yang dimasukin Cuma satu gelas…”
Kena deh pak XXX…langsung mukanya yang tadi mecucu sekarang tambah mecucu….hihihihi….

Setelah diskusi selama 7 hari 7 malam, baca referensi sana-sini, akhirnya disimpulkan bahwa oli P200 pak XXX yang mahal bermerk XXX berbahan dasar sintetis / kimia menguap karena panas yang ditimbulkan oleh mesin. Kenapa bisa begitu??
Silahken baca sendiri referensi sifat-sifat oli dari link berikut [males bener nulisnya] :

http://en.wikipedia.org/wiki/Motor_oil#American_Petroleum_Institute
http://www.jalos.or.jp/onfile/jaso_e-2.htm
http://motorcycleinfo.calsci.com/Oils1.html
http://www.smartsynthetics.com/articles/motorcycle_oil_technical_facts.htm
http://www.bloggerafif.com/2011/08/fakta-dan-mitos-seputar-oli.html

Dari hasil baca-baca tersebut menghasilkan kebingungan yang luar biasa……
Tapi bisa menyimpulkan beberapa hal yang luar biasa juga, bahwa oli yang baik untuk Pulsar adalah Oli yang tidak mudah menguap. Karena oli yang mudah menguap, pada saat panas, nilai viskositasnya akan berkurang dan otomatis daya pelumasannya juga akan berkurang.

Tanpa bermaksud promosi dan sudah melalui riset yang sangat panjang pada motor “si Kuning” yang sudah over stroke dan over bore, “si Hitam” yang sempet ganti bearing set mesin gara-gara oli, dan “si Biru” yang sempet naik turun kompresi gara-gara oli.
Pak No Motor MENYARANKAN oli MESRAN SUPER SAE 20/50 API SG/CD dan PRIMA XP SAE 20/50 API SJ/CF yang harganya di rentan Rp.25.000 – 35.000.

Mesran Super 20/50

Prima XP SAE 20/50

Hanya kedua oli tersebut yang sudah banyak diakui konsumen pak No Motor tidak menguap pada suhu Pulsar yang tinggi, namun bukan berarti tanpa kelemahan……hehehe
Kedua oli tersebut masa pakainya lebih pendek, sekitar 1000 sampai 1500km saja, lebih dari itu seakan ada endapan lumpur di dalam mesin. Trus gimana???
Gini…. Kalo oli mahal Rp.50.000 keatas dipromosikan mampu bertahan sampai 2500km bahkan 4500km atau 1 bulan, maka pake Oli pertamina ini interfal ganti olinya jadi lebih pendek, bisa 1 bulan 2 kali ganti. Itungan ekonomisnya kurang lebih sama dengan kita pakai oli mahal.
Untungnya!!!! ……. Dengan sering ganti oli maka oli di dalam mesin kita selalu baru, yang namanya oli baru itu dimana-mana ya melumasi dengan baik….

Ingat yaaa…..oli yang mudah menguap, viskositasnya akan berubah dan tidak akan melumasi dengan baik…but it’s OK to use it, ganti bearing/laher set mesin paling cuman Rp. 400.000,- belum termasuk ongkos turun mesinnya.

Anyway….yang punya pengalaman / pengetahuan beserta bukti-bukti otentiknya bisa kok share dimari…
Semoga pihak Pertamina gak baca artikel ini….makin besar kepala dia….huh!!

Komentar
  1. aris mengatakan:

    Nylekit…membuka luka lama. :p

  2. best_quality mengatakan:

    wohohohoho….MESRAN😀

  3. liyasa mengatakan:

    hem.ketauan ni yang nulis siapa.pasti yang punya motor biru pas pertama kopdar di anterin istrinya.wkwkwkwk

  4. Knight Rider mengatakan:

    Untuk P180 Ug4 kalau ga salah di sarankan pake Oli API SL mas, pengaruh ga ya kalo pake Oli API SG atau API SJ…???

  5. pulsar-solo.co.cc mengatakan:

    nggak mas….
    meski 20/50….enduro kalo dipakai di pulsar masih tetap menguap.

  6. angga sobbisco mengatakan:

    pengalaman menggunakan oli xxx solo surabaya motor ambrol di madiun karena oli menguap…sekarang pake prima xp ajah…

  7. dhanesworo mengatakan:

    pibo saya(2011) pake valvoline , kalo buat nambah2 oli malah pake castrol magnatec (mobil) …. lha eman aja, ada oli sisa dari ganti oli mobil dinas kantor kondisinya masih gress. yo alhamdulilah sejauh ini tidak ada masalah.

    saya pernah coba pakai Havoline(merah), asli enak banget untuk tarikan. suara mesin halus, tidak cepat panas.

  8. Isnaarifin RiDer bajaj mengatakan:

    Masuk.. Pulsar sby,..

  9. sule mengatakan:

    kalo mopang yang penting liat jaso dulu, baru SAE terakhir API
    kalo moerop yang penting liat SAE, API baru jaso
    kalo moIN yang penting liat SAE, JASO, baru api
    kalo mocin, yang penting pelumasnya punya embel2 berpuluh2 kali penyaringan dan mengandung omega9 dan omega 3

  10. ferry mengatakan:

    MESRAN sudah populer di BAJAJ roda 3, kini MESRAN pun akan semakin populer di BAJAJ roda 2… hahahaaa…

  11. joni mengatakan:

    lho,mesran sama prima xp bukannya oli untuk mobil? Untuk mbil pake kopling kering,sedangkan mtor tipe kopling basah. Mtor yang pakai oli mbil bisa terjadi slip kopling.

  12. soelis mengatakan:

    gan, ini kok adanya yang buat oli mesin mobil bensin ya..
    aku cek disini http://pelumas.pertamina.com/Files/price_list.asp
    Apakah sama gan..???
    mohon pencerahanya..

    • pulsar-solo.co.cc mengatakan:

      Pertamina ngeluarin oli untuk mobil dan motor beberapa dengan brand sama om… Seperti mesran dan prima xp.
      Untuk lebih jelasnya dilihat di kemasan oli….biasanya ads tertulis untuk mobil/motor

  13. Iwan Maulana mengatakan:

    Kalau dari pengalaman yang saya dengan P 180 UG 4, pakai oli enduro 4T racing, tarikannya pertama sih enteng, kalo udah diatas 500 km jadi agak berat, trus pakai yg ada dibengkel bajaj dan harganya sekitar Rp. 40.000 agak mendingan, sekarang ane pakai olinya TVS tru4 yang notabene produksi idemitsu dengan API SL, JASO MA, SAE 20-40 harga cuma Rp.35.000 isi 1.000 ml, tarikan lebih enteng dan gak nguap,,,

  14. Iwan Maulana mengatakan:

    Ya terpaksa juga gak apa2 cuma kurang nyaman sih Om.
    Cuma klo cinta Produksi dalam Negeri semangatnya juga saya kasih jempol 4

  15. Slow_down mengatakan:

    mnding pake Mesran Super lah dari pada primaXP
    cz mesran super blum ada aditif pelicinnya jadi gak bikin slip

    sedangkan primaXP waduh, ane dah nyoba di motor jalan datar sih gpp tapi jalan tanjakan slip bro…..

    ada lagi oli murmer tapi performa mantep yaitu Evalube pro, kalo sekarang Evalube Runner-X, dijamin dah ntu oli mantep

  16. old legion mengatakan:

    Istighfar! Sembari narik nafas dalem2! Selama ini saya pake oli merk impor! Ga ada sama sekali pengaruh yang terasa! Cuma mahal aja! Ternyata ga cocok! Setelah baca artikel ini, saya coba mesran super sae20w50 atas saran sampean! Kok terasa sekali pies saya banyak kemajuan! Terutama di tanjakan! Kalo soal trek lurus ga usah di bahas lah! Lha wong bobot saya aja udah 90kg ++ koq! Apalagi topspeed! Udah bukan saatnya lagi! Konsumsi bbm,campur2 antara pertamax, premium, dan pertamax +, kadang shell v power, rata2 55kpl! Awal make mesran super malah kenalpot ngebul putih! Tapi setelah 3 kali ganti oli malah asepnya udah hilang! Murah tapi koq cocok! Maturnuwun mas!

  17. PAK YES mengatakan:

    saya motor pake enduro 4T. mobil pake mesran.

    gak perlu neko2.. wong motor cuman sport-sport an. buat nguli doang.

    yg penting sesuai spek buku manual, isi sesuai takaran dan ganti sesuai periode😀

  18. agung mengatakan:

    terakhir saya pake Lucas Oil, dak mahal amat, ada yang lebih murah tapi takut dengan kualitasnya, dulu pake oli asli rekomendasi dari motor/mobil tapi lama-lama suaranya ngeraung gt. pas ak coba gonta-ganti oli d bengkel lain, tarikannya lebih kerasa dan lebih diem itu. yang penting rajin ganti oli aja ikut spek2nya dibuku.

  19. Hendra mengatakan:

    mas saya punya bajaj roda 3 bbg 200 cc nih, rekomend nya pake oli apa yah? saya sih pake enduro 4 T 20w-50, lebih cocok mana sih mas, enduro ini atau Mesran Super 20/50?

    • pulsar-solo.co.cc mengatakan:

      nah…seperti yg saya tulis om…tergantung karakter mesin juga, cepet panas pa nggak. dalam kasus ini yg saya bahas mesin pulsar yg panasnya minta amplop. dr pengalaman saya lebih cocok pake mesran.
      kalau bajaj bbg cocok pake enduro ya ga masalah.
      yg perlu diperhatikan…setelah dipakai beberapa lama… olinya berkurang pa nggak.
      itu indikasi panas… oli menguap

  20. best quality mengatakan:

    setelah sebelumnya memakai oli mesran kemudian ganti motor dan memakai oli mosul yang harganya 90k (juh, larang banget) kmdian down grade pakai mosul yang 50k an dan sepertinya kapusan (nasib) kemudian makai oli idemulu yang 50k an dan dapet pencerahan dari temen2 di pakno yang katanya banyak bajakannya😡 akhirnya balik lagi ke mesran… hahahaha… dowo men lek nulis…

  21. septiawan mengatakan:

    gak sepenuhnya benar,,,,saya pakai prima XP,,tapi selalu berkurang ,,dan hanya tinggal 400-500 ml…dan saya cek semua mulai busi (kering), seal (aman no drop), knalpot (no smoke)sekarang saya coba ganti pakai repsol moto 4T

  22. agung mengatakan:

    sementara xcd saya pake top 1 yang 20-50 harga disini 31rb sebelumnya enduro, tapi karena naik terus, jadi pindah hati dah.. pke oli ini tarikan jadi mantab… tapi setelah baca2 koment diatas saya jadi pengen coba mesran super…. akankah lebih baik..😀

  23. siap laksanakan..rupina mh kedah dicobian ku abdi.
    haturnuhun kang .. best regards PRA-BOGOR

  24. andi mengatakan:

    saya pake mesran super utk GL-100 tahun 1987. enak aja tarikannya, ringan, responsif. cuma, ya.. itu, masa pemakaiannya agak cepat ganti. saya rutin ganti sebulan sekali, itung-itung untuk ongkos rokok motor saya, maklum dipake harian. kalo ke bengkel resmi dikasih oli Federal, tarikan berat, lari agak nahan. maka balik ke mesran lagi.

  25. jeni mengatakan:

    misi broo, mau nanya bajaj pulsar 180cc baiknya pake oli apa y? ukuran 1liter, enduro bagus? untuk dalam kota aja ,,, makasii

  26. Delauza mengatakan:

    Aduhh…telat, ane udah ngalaamin, baru baca threat ini😦, btw kalau abis overall apakah mesin jadi cepet panas, terus kecium bau gosong gitu

  27. Rachmat F mengatakan:

    Maaf teman teman mau ikutan sharing.
    Menurut saya oli yg baik adalah sangat bergantung kepada additivenya.
    Saya sudah cek semua oli yg beredar di Indonesia baik yg lokal maupun import, semuanya menggunakan standar Additive ZDDP atau Zinc Dialkil Dithio Phosphat, malah ada juga yg di tambah Sulfur. Jika menggunakan ZDDP masa pakainya pendek, dan ikatan hydro carbonnya sangat mudah lepas, sehingga proses pelumasan akan turun dengan sangat drastis. Saat ini sudah ada additive canggih berbahan dasar BORON TITANIUM, keunggulannya bisa mereduksi friksi sampai lebih dari 50%, dan tahan panas. Team Tiger Club pernah coba dipakai Touring Bogor Jogja pp tanpa ganti oli. kondisi mesin sangat baik. Merek Oli yg ber additive BORON TITANIUM saat ini dikenal dengan nama ELCASSY. Ada beberapa pilihan jenis oli dan sudah menggunakan teknologi NANO. Club CBR, Vario, Ninja RR, Satria, NMax, Ducati, Harley Davidson, utk mobil, Pajero Sport Club, Mercedez Benz, BMW, Honda, Toyota, Daihatsu, dll sudah menggunakan oli ini. Ketahanan oli tiga kali lipat oli yg banyak beredar di indonesia, baik yg lokal dan import. Untuk lebih jelas bisa sharing melalui email saya rachmat.fitriana@gmail.com atau WA 0813 160 20006. Terimakasih sebelumnya.

  28. Subhan mengatakan:

    Kalo kita pasang ke metik bead oli nya… Cakep gak bos… 😂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s