Body Com Starter Pulsar

Posted: 24 November 2011 in Pak No Motor (papa rock n roll)
Tag:,

Udah lama Pak No Motor pingin nulis tentang Body Comp starter Pulsar yang seringkali bikin pemilik Pulsar non-matic kebingungan.
Melengkapi juga tulisan di blognya Prides (http://pridesonline.wordpress.com/2011/05/01/body-com-starter-bikin-pulsar-nggak-bisa-njreeng/).
Enaknya kalo tulisan melengkapi gini, nulisnya jadi gak perlu banyak-banyak, bisa cepet selesai, bisa cepet mikir mo nulis yang lain….

Megnet yang nempel dengan Komponen starter Pulsar

Beberapa komponen starter yang mudah rusak adalah bahan yang terbuat dari plastic, liat sendiri di link di atas part number dan bentuknya. Sama per sebagai pendorong balik roller, yang Cuma sebesar per ballpoint. Selain part itu semuanya terbuat dari bahan metal, kecuali berkarat gak bakal rusak…paling kendor…
Nah…masalah kendor inilah yang dengan sedikit pusing di awalnya dapat di-akalin sama mas Danung sebagai punggawa dari Pak No Motor.
let  see the picture…..

mas Danung yang mirip Fauzi Badhala

Nie......komponen yang kendor itu....

Bodycom bisa dikencengin lewat ketiga baut L itu, tapi hal itu tidak bisa dilakukan mungkin karena lubang bautnya sudah terlanjur oblak, terlebih kalau part penggantinya ga ada.
Ketiga baut tersebut mestinya berada di tengah-tengah lingkaran.

Pada suatu masa bisa terjadi salah satu baut tersebut kendor dan akan menimbulkan suara aneh dari bak kiri, namun ketika motor dimiringkan ke kanan suara aneh tersebut ilang. Bisa bayangin kan kalau salah satu baut tersebut kendor?? dia akan menjadi lebih menonjol dari yang lainnya dan bisa dengan mudah berbenturan dengan komponen lain, atau biasanya gear penerus starter.

Perhatikan lingkaran biru dan merah.....

Ketika bodycom starter oblak, bagian yang di las adalah di bagian yang di lingkari merah.
Bagian dengan lingkaran biru juga perlu dilas jika penutup tersebut juga kendor….
Mudeng yach??……..keduanya baik biru dan merah perlu di las di tiga titik….ingat…biru jika diperlukan saja….

Setelah proses pengelasan selesai, ganti juga per dan parts yang terbuat dari plastik…setelah itu pasang…

Satu lagi tips dari Pak No Motor untuk meminimalisir kerusakan di bodycom starter Pulsar, adalah memencet handle kopling pada saat menyalakan dan mematikan motor.

Grap Handle Kopling saat mematikan dan menyalakan...

Meskipun tips ini juga belum terbukti keampuhannya, tapi tidak ada salahnya dicoba….nothing to lose….
Suatu saat kalau udah banyak banget yang nanya akan dibahas dech logika tips ini….kalau ditulis sekarang males bgt…atau….. someone mau njelasin??? you’re welcome…..

Oh iya….gak usah diketawaiin…..semua Pulsar emang non-matic… :p

Iklan
Komentar
  1. pridesonline berkata:

    pertamax.. ini yg nulis mas bondan kah?

  2. kodokkodoksss berkata:

    mantap 😀

    • anton berkata:

      mao tanya mas bro.., mtr pulsar aye thn 2008, skrg punya masalah di stater setiap kali di stater mengalami bunyi seperti ayam di cekik ( ngekkk…) kira2 apanya ya mas bro..? di tambah lg bengkel resmi yg sudah tidak tau juntrungannya….! tolong di bantu mas bro.., makasih

  3. Bayu Bimantara berkata:

    Super sekali mas Bondan 007.
    Mbok sekalian dijelasin fungsi tarik handle kopling saat on off in motor…

  4. gatot berkata:

    pak mo tanya pulsar saya ada troble. kalo lagi dingin atw kena hujan koq susah di starter ya? sampe 1 jam lebih kadang nyelahnya…thanks

    • mmm… Dugaan sementara…
      dingin dan hujan sama-sama menimbulkan air.. mungkin ada soket-soket kabel yang terkena air…
      coba bersihkan soket-soket kabel di bawah tangki dan soket di sekitaran aki dan koil. semoga ini membantu…..
      kalau mau penelitian lebih lanjut monggo datang ke bengkel… 😀

  5. nezs67 berkata:

    Makasih info nya..Brow,emang pulsar ane rudet banget saat distarter dah sering bawa ke bengkel paling 2 hari…janjinya pihak dealer mau menggangti..tapi nyatanya spare part selalu gak ada..

  6. ricky berkata:

    pak no sya mau tnya sya pnya bajaj pulsar 200 DTsi kmrn btre aki na suak trus sya gnti bru ngk lma stlah d pkai 1bln apa bla au d hdup kn ngk mau d stater spdo meter na hdup trus pas mau d stater spdo mter na mti.. cra mau hdp kn na sya bka pntup bdi pntup aki sya tkok2 aki na kmdian spdo mter na hdup d drong dlu bru mau hdup
    ap mslah na tu oak no tlng ksi info psing bgt ne….

  7. Ari berkata:

    @ricky, cek sekring yg deket aki, mungkin sekringnya putus …. ganti sekring kalo emang putus ….

  8. fauziah amrozi berkata:

    ad bunyi d blok kiri pada 4000rpm ke ats? knp nya gan, ap ad yg cacat?

  9. nail berkata:

    Knpa umur Body Com Starter ga bsa pnjng??. Pnyaku baru gnti & umurnya blm ada 1 tahun sdh kumat lg. Bagaimana cara perawatannya biar bsa longlife??. Suwun…

  10. Mardhika XCD 125 berkata:

    Jos. hbis dr bengkel pak no,d servis,enak tenan. hahaha ketemu jg sama mbah bon COPS. salama dr PC SEMARANG,xcd 125 biru.haha

  11. edwin berkata:

    Mohon bantuan tutorialnya Mas bagaimana cara melepas magnet buat ngcek bodycom ? pakai tracker yg model apa?

  12. adi berkata:

    Bantu temen temen pulsarian…bagi yang mo beli bodycom pulsar dan part pulsar laennya..nih ada toko onlene lengkap
    http://sparepartpulsar.blogspot.com

  13. Rdnewss berkata:

    cara membuka bodycom gimana bro…. ane coba ga bisa2 ngikut juga mutar bodycom nya

  14. Eka Nuryanta berkata:

    Mas Bondan, kalau mau pesan yang sudah jadi kayak gambar diatas bisa nggak ? bodycom+magnet + sudah di las

  15. Eka Nuryanta berkata:

    Untuk buka bodycomp berikut ada tutorial daro Om welex Prides

  16. indra berkata:

    pak no……..aq mw beli body com nya gi mana caranya…….aq posisi di batam pak no…..

  17. lesya berkata:

    Itu harga alatny body com n magnetny berapaan y? N dealer resmi ny dmn ya?

  18. gungrah berkata:

    Bapak-Bapak yg saya hormati. komponen stater bajaj 200 cc Seperti di atas berapa harganya? mohon infoemasinya. Trimaksih.

  19. Rey berkata:

    Saya punya pulzarn180/ sekarang kondisi magnetnya ngancingb, hgk bisa distater, mau nyopot magnet susah, hgk ada tlackernya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s