Inreyen Pulsar sampai Kontrol Emosi

Posted: 29 November 2011 in Pak No Motor (papa rock n roll)
Tag:, ,

Inreyen atau break-In, atau sering disebut Running-In selalu disarankan semua produsen kendaraan bermotor termasuk Bajaj yang memproduksi Pulsar.
Berbagai cara tentang inreyen banyak ditulis dan banyak menjadi kontroversi, namun dibalik semua kontroversi tersebut terdapat satu tujuan yaitu menciptakan mesin yang “sempurna”

Ada ditulis cara inreyen yang sangat extreme menurut Pak No Motor, yang setelah dibahas ditelaah dan di-diskusikan dengan matang disimpulkan sebagai cara inreyen yang mustahil terkait dengan beberapa aspek, termasuk aspek ekonomis. Cara tersebut ditulis di http://www.mototuneusa.com/break_in_secrets.htm

Ada pula yang menyarankan cara inreyen dengan menyalakan mesin pada posisi idle atau stasioner semalam suntuk, dengan menambahkan beberapa kipas angin sebagai pendingin mesin……..kenapa gak sekalian ditambahkan dupa dan kembang?? ………….WTF

Dari semua cara tersebut, Pak No Motor tidak mau ketinggalan untuk membuat satu cara inreyen lagi dengan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :
1. Inreyen untuk menciptakan Pulsar yang awet dan halus sesuai dengan kodratnya
2. Inreyen yang masuk akal sesuai dengan ketentuan ATPM.

1000 Kilometer 2000 Kilometer
Gear pos Speed
1 15
2 25
3 35
4 55
5 65

 

Gear Pos Speed
1 20
2 30
3 40
4 60
5 70

 

Tabel tersebut juga tertulis di buku panduan pemilik jika beli Pulsar baru, tapi biasanya orang malas nge-bacanya.
iya bener…tips-nya Pak No sama dengan tips yang ditulis pabrik Bajaj ditambahhhh………….
1. Ganti oli pada 150 Kilometer pertama, dengan asumsi disinilah mesin menghasilkan gram atau serbuk besi hasil gesekan logam paling banyak.
2. Ganti Oli kembali pada 500 Kilometer, disini volume gram yang dihasilkan mesin masih lumayan banyak dan kasar.
3. Ganti Oli lagi pada 1000 Kilometer…. Setelah itu panggantian oli selanjutnya adalah setiap 1000 kilometer menggunakan Oli yang tertulis disini https://pulsarsolo.wordpress.com/2011/11/22/oli-galau-galau-pake-oli/
4. Selama masa inreyen perhatikan juga setelan angin dan setelan stasioner / idle rpm. Setelan angin standar adalah 2,5 putaran ke kiri setelah diputar mentoq ke kanan. Sedang setelan idle rpm adalah 1100 rpm plus minus 100 rpm, untuk PZZO idle bisa di 1000 rpm.

Kalau begitu bagaimana dengan servis gratis dan ganti oli gratisnya?? ….. hehehehe….maaf…Solo gak punya bengkel resmi, jadi WTH……

Gimana??? Tehnik inreyennya?? Manteb kan???
Satu lagi…….. melihat jumlah kilometer yang harus dilalui pada masa inreyen yang notabene harus jalan pelan-pelan pasti membuat sampeyan nggak betah….kebelet pingin geber…. ITU PASTI!!!
Nah….disinilah dibutuhkan control emosi….inilah yang harus diingat sebagai control emosi… :
1. Pulsar tersebut sudah dibeli dengan harga yang tidak murah, maka perlakukanlah dengan hati-hati
2. Penting untuk mengetahui spesifikasi teknis motor lain. Pas lagi enak-enak jalan eh……disalib sama xxx….panasss….. INGAT!!! Jika xxx tersebut motor bebek, berarti di atas kertas dia juga sudah kalah, so…let it goo….kalau yang nyalib tersebut sesame motor batangan dengan spesifikasi teknis tidak jauh berbeda…..lepaskan jugaaaa…..sambil berkataa “see you next time…”
3. Gak usah panasan kalau melihat jalan alus, panjang, sepi, dan lurus…..woiiii…lihat pemandangan sajaa…..jalan tersebut masih ada sampe 50 tahun lagi…

Dari pengalaman, kilometer awal terasa sangat sulit menjalaninya, tapi melihat panjangnya kilometer yang harus dilewati nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik, yang merubah attitude berkendara kita menjadi lebih sopan……..gak percaya??? Try……..
Trus boleh boncengan gak selama reyen??….bolehhhh………..malah kalau bawa boncenger terapi emosinya lebih gampang (boncenger cewek ato cowok[maho]).

Dan untuk semua yang sampeyan lakukan selama masa inreyen tersebut…. Pak No Motor memberikan :
1. The perfect  engine
2. Better anger management
3. Good attitude on the street

SEMPURNA...Busi merah bata dengan bagian hitam tidak lebih dari ulir ketiga..

Komentar
  1. setia1heri mengatakan:

    nais inpoh mazbro….
    salam kenal dari gresik

    ttp://setia1heri.wordpress.com/2011/12/01/downgrade-ke-eclair/

  2. kentadis mengatakan:

    busine sopo kui?
    Lha kalo ada yg ngajarin motor baru lgsg dgeber tuh py mbah bond?

    #pnglaman bl mtr merek sayap

  3. angga sobbisco mengatakan:

    lha yen tuku ne 2nd pie mbah??

  4. TDF mengatakan:

    ow jadi gitu…

  5. erdem mengatakan:

    Selamat sore mas….mau numpang Tanya nih, ane kan baru beli pulsar 180 UG 4 hari senin kemaren…baru ane pake sekitar 2 harian (maklum kaum commuterr hehehehe)….trus pada KM 59 ane cek kaca ketinggian oli udah diambang batas pas garis paling bawah….kira-kira ni gan gak bakalan ape2 tuh mas kalau ane tetep paksaen untuk melaju ampe 750KM sesuai dengan anjuran BERES service pertama…?sejauh ane inreyen ane ikutin panduan dari buku…artinya gak pernah ane geber tuh pibo…makasih ya mas…

  6. fuad ahmad mengatakan:

    pagi mas, kalo diboyolali kota sudah ada bengkel bajaj blm.? so kalo mau turun mesin bwt xcd 125 butuh berapa lama (udah ngebul + suka mati sendiri & suaranya berisik) ya.?

    • pulsar-solo.co.cc mengatakan:

      Halo mas fuad…
      di boyolali kota belum ada bengkel Bajaj.
      so kalo mau turun mesin atau sekedar servis monggo silahkan datang ke bengkel Pak No atau ke Dealer Bajaj di Dawung, Solo Selatan….

  7. theo tanujaya mengatakan:

    owh ane baru tau, kemarin ngebut sampe 110 berdua pake pzzo, padahal km masih 915.

  8. Bithriq Yusyfa mengatakan:

    Maaf gan, cara2 yg anda sebutkan ini apakh berlaku jg untuk seri terbaru Pulsar 200NS?
    Lalu bagaimana kalo dlm masa inreyen digunakan untuk nanjak, seperti ke Candi Sukuh atau Tawangmangu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s