BMW R1200R weird

Posted: 18 Juni 2012 in The magazine
Tag:,

Sekali-sekali ah mengulas motor gede dari cara pandang yang berbeda,
Sebuah motor telanjang keluaran pabrikan ternama, yang entah kenapa di luar negeri sono peminatnya banyak sekali. Padahal menurut saya motor ini ada kekurangan, dan kekurangan itu menurut saya fatal kalau sampai orang Indonesia membeli motor ini.

BMW R1200R,

BMW R1200R…. mancaps….

pertama melihat gambar motor ini (aslinya juga blom pernah liat) terbayang sesosok moge dengan tampang garang, bertenaga besar, nyaman sekali buat klinong-klinong lintas Jawa. Siapapun jomblo yang naik motor ini akan segera melepas status jomblonya…..itu bayangan saya.

Tidak usah dibahas kemana-mana soal performa, suspensi dan daya yang dihasilkan oleh moge ini. Itungannya semua moge pasti sudah melebih perkiraan jalanan di Indonesia, bukan hanya BMW R1200R.
Rasa seneng dan penuh khayalan di otak ini ketika melihat gambar-gambar BMW 1200R, tapi jadi ill feel ketika pandangan mata sampai pada mesin boxer kembar berkonfigurasi horizontal.

Iya…horizontal, jadi mesinya selonjor dari kanan ke kiri (atau dibalik). Menurut otak saya lucu, dan sedikit aneh.
Kenapa??
Lihat lagi deh mesinnya yang selonjor dari kiri ke kanan tersebut.  Kita tahu bahwa di dalam cylinder head terdapat banyak sekali komponen vital dari sebuah mesin, seperti busi, yang didalemnya ada klep, cam shaft,dan bisa bayangin gak sih kalau motor tersebut jalan di jalanan Indonesia dan kebetulan adalah orang Indonesia sendiri yang menaikinya, dengan postur tubuh pas-pasan, alias kaki cepak gak bisa napak tanah dan terus masih harus menopang berat motor yang saya yakin sangat berat. Ditambah lagi kondisi jalanan Indonesia yang teksturnya sangat alami (maksudnya banyak lobang dan tidak rata).

Liat tuh daleman dari mesin horizontal…

Bagaimana kalau sampai jatuh???
Masih tidak habis pikir mengapa para insinyur BMW membuat mesin dengan konfigurasi horizontal, mungkin di luar negeri sana aspalnya empuk dibanding dengan jalanan di Indonesia.
Misalnya jatuh, terus mesin tersebut kena benturan dengan jalan apa nggak rontok gitu loh?
Cuil sedikit saja kan sayang, mesin lho….. sampek cuil…belum lagi kalau jatuhnya agak kenceng dan dapet batu segede gaban di jalanan Indonesia, apa nggak tambah rontok tu?
Padahal ya seperti yang saya sampaikan tadi, di dalam cylinder headitu banyak alat vital dari mesin.

aw…aw…aw…..dikit lagi mas miringnya…..

irit, ga usah bikin pelindung kaki😀

tapi harus bikin pelindung mesin, ini optional lho…tidak disertakan dalam penjualan.

Ini baru dibahas dari sisi kalau jatuh lho. Belum saya membahas tenaga mesin kalau dipakai di jalanan Indonesia yang banyak sekali perempatan dengan lampu merahnya yang genit, sebentar-sebentar nyala.
hahaha……mikir-mikir lagi deh buat beli BMW R1200R, coret dari daftar belanja.

 

Komentar
  1. Suryokapingkalih mengatakan:

    kasih pelindung mesin pa gak tambah nongol tuh mesin? makin bahaya banget… Designernya dah dipecat belum ya? kalo udah mo coba2 nglamar ah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s