Seperti kita tau, bahwa snalpot pulsar itu selain mahal juga canggih, karena sudah memenuhi standar EURO sekian… (ga apal) karena adanya catalytic converter yang letaknya di leher knalpot.
Sebelum lebih jauh dibahas ada baiknya kita kenal dulu dengan yang namanya catalytic converter di motor Pulsar ini.
Catalytic converter ini bisa mengubah gas buang hasil pembakaran seperti hidrokarbon (HC), Karbon Oksida (CO), menjadi “sesuatu” yang lebih ramah lingkungan. Bentuknya seperti sarang tawon yang terbuat dari bahan keramik dan metal catalyst seperti platinum, rhodium dan palladium.
Kenapa letaknya di leher knalpot, karena catalyst ini akan bekerja lebih efektif ketika panas, jadi gas buang yang masih mengandung bahan-bahan berbahaya ketika melewati catalyst yang panas ini akan dipanaskan lagi dan gas buang menjadi lebih bersih.

Nahh……tapi jika gas hasil pembakaran ruang bakar bercampur oli atau boleh dikata terlalu banyak asap yang keluar di knalpot, akan menjadikan lubang sarang tawon di catalyst ini jadi tersumbat, alhasil ketika knalpot tersumbat, tentu saja performa jadi kendaraan jadi menurun.
Selain itu, keberadaan catalyst di leher knalpot pulsar ini tentu saja sudah mengurangi volume leher knalpot yang efek itung-itungan tenaga tentu saja berkurang.

Berawal dari datangnya sebuah Pulsar di bengkel Pak No Motor Nusukan, motor ini adalah motor pekerja berat dan pemiliknya usil. Sering banget mengalami silinder baret dan salah setting karbu, sehingga tak jarang dari knalpot keluar asap putih ataupun hitam. Suatu hari ketika kondisi mesin sudah kembali prima tanpa asap akibat dari servis berat di Pak No Motor, didapat hasil yang cukup mengherankan, karena tenaga motor serasa mampet, dan kecurigaan langsung ditujukan kepada knalpot yang mampet. Maka inilah kali pertama knalpot seharga 2 juta lebih dibongkar oleh Mas Danung di bagian catalyst-nya.letak Catalyst di knalpot pulsar adalah diantara dua las setelah percabangan, percabangan (entah namanya apa) di gambar ini sudah dipotong sebelumnya, karena untuk dipasang di UG3 kepentok rangka.

Lebih bagus dan rapi kalo pakai gergaji, tapi harus sabar…

Lapis pertama setelah dibuka, masih ada pipa lagi di dalamnya

Setelah pipa kedua dibuka, kelihatan catalyst-nya

Ini dia catalyst yang berbentuk sarang tawon, cara pengambilannya emang harus dirusak…

Daleman knalpot tanpa catalyst

Lapisan demi lapisan ditutup kembali dan disatukan dengan las….

Mas Danung dengan las-nya…..

Las dirapikan dengan gerinda biar gak benjol-benjol….

Setelah rapi bagian yang dilas bisa dicat dengan cat anti karat….

Ketika pembongkaran selesai, hasil yang diharapkan melebihi perkiraan. Ternyata tenaga motor keluar lebih besar, berdasarkan feeling pengendara (di Solo ga musim mesin dyno).
Oke, kemudian target selanjutnya adalah Pulsar standar ting-ting dengan mesin baru yang dioprek catalyst-nya…..tentu saja jadi lebih bertenaga (lagi-lagi berdasarkan feeling).
Mmmm…..memang jadi gak memenuhi standar gas buang, tapi gak apalah…toh gas buang gak keliatan, lagian juga di gas buang tersebut tidak ada tag line berasal dari motor siapa……hihihi…mari kita racuni dunia…pfff :p

Komentar
  1. ipanase mengatakan:

    di solo dynonya mahalll
    soal pipa dalam pipa knalpot megi sama tiger juga gitu😀

  2. Rendi mengatakan:

    salam keal masbro, wah baru tau kalo knalpt pusar itu mahal ternyata……. ane baru memboyong sebuah P220F, thx infonya

  3. Chin Mi mengatakan:

    ini pakai las etilen (las karbit) atau las argon?

  4. Widi mengatakan:

    woo… ra mutu!

  5. purwo mengatakan:

    salam kenal om,nice articel

  6. daVe_Jo mengatakan:

    kaLo knalpot 135 bisa di gituin jg masbro?

  7. kentadis mengatakan:

    trust meh it works!!

  8. DwiA mengatakan:

    Salam kenal mas,menarik infonya…..
    cuma sayang di akhir artikel ada kalimat yang “nggak pantes dipublikasikan”, karena bisa berdampak negatif bagi para pembaca khusunya, and dunia pada umumnya…
    harap dikoreksi!
    Thanks.

  9. Faisal mengatakan:

    Mohon pencerahan,
    Saya pengendara pzoo, knalpt pulsar sy bermasalah, suaranya sprti ada baut yg lepas dan berisiknya minta ampun ktika digas. Ky suara kerikil ditaruh dalam panci stainless trz digoncang2. Sangat berisik. Itu knp ya?apa ada yg lepas di bagian leher knalpot? Mhn pencerahan,mengingat hrg barunya sgt mahal. Nmr hp dan whatsapp sy,08970572054. Trmksh

    • pulsar-solo.co.cc mengatakan:

      Wah…. Gampang itu om..
      Knalpot pulsar 200 itu ada dua lapis pipa… Nah kalo ada bunyi seperti itu berarti sambungan pipa bagian dalam keropos dan lepas las-nya.
      Solusinya dilas lagi bagian atas leher knalpot dan bagian bawah sebelum exhaust tech. Karena tidak mungkin dipotong berarti harus dilas langsung dari pipa luar knalpot tembus ke dalam pipa kedua.
      Semoga memberi pencerahan…kapan2 kalo ada kasus sama di bengkel kita upload deh…

      • Bizzmo mengatakan:

        wahh, ini dia yang saya cari2 solusi nya… sayang domisili saya di bandung. pengen benerin knalpot nih, kasus nya persis ama mas Faisal. knalpot suara gemerincing di rpm 4000-5000 …klo saya perhatikan suaranya berasal dari titik knalpot sblum exhaust TEC. bingung dah harus di gimanain…
        btw thanks info nya, skr udah rada2 ada gambaran mengenai problem knalpot yg bikin malu di jalan …huihihihi

  10. Faisal mengatakan:

    Mohon pencerahan,
    Saya pengendara pzoo, knalpt pulsar sy bermasalah, suaranya sprti ada baut yg lepas dan berisiknya minta ampun ktika digas. Ky suara kerikil ditaruh dalam panci stainless trz digoncang2. Sangat berisik. Itu knp ya?apa ada yg lepas di bagian leher knalpot? Mhn pencerahan,mengingat hrg barunya sgt mahal. Nmr hp dan whatsapp sy,08970572054. Urgent,krn mtr satu2nya,sy tunggu pencerahannya.Trmksh sblmnya.

  11. pheyoo23 mengatakan:

    mas saya mau tanya klo catalyst-nya pies sama posisinya dgn yg digambar??

  12. Lilik Ko mengatakan:

    siang mas kalau didalam knalpot dimobilinova saya bunyi itu apa indikasi knalpot sudah kropos ya mas

  13. Rovi sezy mengatakan:

    matur thengkyu tipsnya.. langsung tak coba pd pulsar 240 saya. dg biaya cuma 20rb..performa langsung naik drastis 20 persenan atau mungkin lebih… pantesan dari kemarin tenaga seperti tertahan lha wong knalpot di sumpel sarang tawon..

  14. nandra mengatakan:

    mas, klw letak katalyst di pulsar 135 sama persis letak nya??
    kan klw di knalpot pulsar 135 ada kaya kotak sambungan gitu di bagian dket lekukan leher knalpot nya..

  15. ben mengatakan:

    Boleh buang catalys,tp klo bs jng dg tabung kecilnya. Krn tabung itu bertujuan memaksimalkan tendangan balik/ cara kerja seperti yeis od rx king,skips pd ninja 150,maupun pd suzuki jetcooled 100cc. Tenaga di atas maksimal dan hemat BBM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s